Pengertian Laporan
Dalam laporan yang ditulisnya hanya
menyampaikan hal-hal yang pokok yang bertalian dengan tugasnya, sehingga orang
yang menerima laporan itu segera mengetahui masalahnya, dan dapat segera
mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Laporan adalah suatu cara komunikasi
dimana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena
tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Karena laporan yang dimaksud sering
mengambil bentuk tertulis, maka dapat pula dikatakan bahwa laporan merupakan
suatu macam dokumen yang menyampaikan informasi mengenai sebuah masalah yang
telah atau tengah diselidiki, dalam bentuk fakta-fakta yang diarahkan kepada
pemikiran dan tindakan yang akan diambil.
1) alat pertanggungjawaban secara tertulis
2) alat pendokumentasian data
3) alat studi banding
4) alat pengambilan keputusan
5) melatih berpikir sistematis.
A. Laporan Formal
adalah laporan yang ditulis secara popular, yaitu menggunakan
kata-kata sederhana, kadang-kadang diselingi dengan kalimat humor/lucu. , yaitu
laporan yang tidak memenuhi beberapa unsure formal. Laporan ini bersifat
pribadi yang disesuaikan dengan kepentingan penulisannya.
Laporan formal terdiri dari:
1. Bagian Pendahuluan
Bagian pendahuluan terdiri dari:
a. Halaman judul: judul, maksud dan tujuan penulisan
identitas penulis, instansi asal, kota penyusunan, tahun.
b. Halaman pengesahan (jika perlu)
c. Halaman motto/ semboyan (jika perlu)
d. Halaman persembahan (jika perlu)
e. Kata pengantar
f. Daftar isi
g. Daftar tabel (jika ada)
h. Daftar gambar (jika ada)
i. Daftar grafik (jika ada)
j. Abstrak (berisi uraian singkat mengenai isi laporan)
2. Bagian Isi
Uraian singkat tentang bagian ini:
a. Bab I: Pendahuluan
1) Latar belakang
2) Identifikasi masalah
3) Pembatasan masalah/ ruang lingkup penelitian
4) Rumusan masalah
5) Tujuan dan manfaat
b. Bab II: Kajian pustaka
c. Bab III: Metode penelitian
d. Bab IV: Pembahasan
e. Bab V: Penutup
3. Bagian Penutup
a. Daftar pustaka
b. Daftar lampiran
c. Indeks atau daftar istilah
B. Laporan Informal
adalah laporan yang ditulis secara ilmiah, yaitu sebagai
hasil peneliti. Biasanya isinya singkat tetapi padat dan sistematis serta
logis. Laporan berbentuk formulir isian, Laporan berbentuk surat dan Laporan
berbentuk memorandum atau nota.
1. Laporan kunjungan, berisi:
a. Judul laporan
b. Tujuan
c. Waktu pelaksanaan
d. Hasil yang diperoleh
2. Laporan percobaan, berisi:
a. Judul percobaan
b. Pelaksanaan (waktu dan tempat)
c. Urusan kerja
d. Data yang diperoleh
e. Kesimpulan
3. Laporan diskusi, berisi:
a. Topik
b. Moderator
c. Penyaji
d. Jumlah peserta
e. Masalah yang dibicarakan
f. Pemecahan masalah
g. Kesimpulan
Contoh laporan formal
LAPORAN RAPAT KERJA TIM PENILAI
BUKU TEKS PELAJARAN SD, SMP, DAN SMA/SMK
YANG DISELENGGARAKAN OLEH BSNP
A. Pendahuluan
Alhamdulillah SMP Islam Al Azhar 1 mendapat kepercayaan dari Badan Standar
Nasional Pendidikan untuk mengirimkan 3 guru dalam menentukan Buku Teks
Pelajaran yang layak digunakan oleh sekolah mulai dari SD sampai SMA/SMK. Setelah
kami mengirimkan curriculum vitay, alhamdulillah kami memenuhi kriteria sebagai
tim penilai buku teks pelajaran.
Adapun yang ditetapkan sebagai penilai buku
teks pelajaran adalah Rujiman, S.Pd. (guru Bahasa Indonesia), Farikhah Afidah,
S.Pd. (guru IPA), dan Sunarmi, S.Pd. (guru IPS). Kami bertiga mendapat
kepercayaan untuk mengikuti Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran SD,
SMP, dan SMA/SMK yang dilaksanakan di Hotel Safari Garden Bogor yang
dilaksanakan pada tanggal 4 s.d. 9 Juni 2008.
B. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini diberi nama Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran SD, SMP,
dan SMA/SMK.
C. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan kegiatan ini adalah :
1. Menilai buku teks
pelajaran yang diajukan oleh penerbit untuk ditentukan kelayakannya.
2. Menentukan jenis
buku teks pelajaran yang memenuhi standar mutu pendidikan
D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini
dilaksanakan sesuai dengan rencana yaitu tanggal 4-9 Juni 2008 di
Hotel Safari Garden Bogor. Akan tetapi, karena berkat kerja keras dan
profesionalisme kinerja para guru, kegiatan itu berhasil diselesaikan dalam
waktu 4 hari.
E. PESERTA KEGIATAN
Peserta kegiatan terdiri atas: 200 orang guru terdiri atas guru Bahasa
Indonesia, IPA, IPS, Matematika, PKn, Bahasa Inggris dari jenjang SD sampai
SMA/SMK. Adapun guru – guru yang diundang berasal dari sekolah-sekolah yang ada
di propinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
F. PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran dibuka jam 13.00 WIB dan
dihadiri oleh 250 orang guru yang terdiri atas guru Bahasa Indonesia, IPA, IPS,
Matematika, dan PKn. Selain itu hadir para dosen dan profesor yang ahli di
bidangnya masing-masing sebagai supervisor. Acara dibuka oleh Kepala BSNP
menilai buku teks. Setiap bidang studi perjenjang diarahkan oleh 2 supervisor.
Setelah acara dibuka dilanjutkan pembekalan atau penyajian materi tentang
teknik menilai buku teks dilanjutkan dengan pelatihan.
Pelatihan ini dimaksudkan untuk
mempersiapkan tenaga penilai yang mampu memahami kriteria teknis yang terdapat
dalam instrumen penilaian dan agar penilai memiliki kemampuan menilai
berdasarkan instrumen penilaian yang disusun oleh BSNP. Melalui pelatihan ini
diharapkan penilai dapat memiliki pemahaman yang sama terhadap butir-butir
instrumen penilaian buku teks pelajaran.
Kegiatan penilaian buku teks pelajaran dilakukan secara bertahap dengan jadwal
yang sangat ketat. Tahap I jam 08.00 – 12.00 WIB, tahap II jam 14.00 – 17.00,
dan tahap III jam 19.00 – 24.00 WIB. Setiap guru dikelompokkan berdasarkan mata
pelajaran sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing. Setiap mata pelajaran
rata-rata ada 400 buku dan 40 penilai yang terdiri atas dosen, ahli materi,
guru, dan ahli grafika.
Apabila dalam penilaian terdapat perbedaan
nilai lebih dari 2 maka dilakukan moderasi, yaitu kedua penilai guru
dipertemukan untuk mempertanggungjawabkan hasil penilaiannya dan menentukan
kesepakatan untuk nilai buku tersebut. Adapun butir-butir penilaiannya pun
sangat kompleks sehingga kami dituntut ketelitian, kejelian, penalaran, dan
berbagai kriteria yang menuntut kerja keras.
G. HASIL KEGIATAN
Adapun hasil kegiatan Rapat Kerja Penilai Buku Teks adalah sebagai berikut:
1. Kami bertiga
berhasil menyelesaikan penilaian buku sebanyak 44 buku dengan rincian: Bahasa
Indonesia SD kelas I-VI sebanyak 12 buku, IPA SD kelas I – VI sebanyak 14 buku,
dan IPS SD kelas I – VI sebanyak 18 buku.
2. Memperoleh
pengalaman yang berharga menjadi penilai buku sehingga dapat memperkaya
pengetahuan untuk menjadi penulis buku.
3. Melakukan sharing
penilaian buku berbagai jenjang pendidikan sehingga dapat menentukan
sistematika penyajian materi pembelajaran mulai SD sampai SMA.
4. Dapat menularkan
pengetahuan dan pengalaman kepada guru-guru dalam kegiatan MGMP sehingga dapat
membantu menentukan kelayakan buku yang akan digunakan secara seragam di SMP
Islam Al Azhar.
5. Mempromosikan Al
Azhar sebagai lembaga pendidikan yang dapat dibanggakan.
H. ANGGARAN BIAYA
Adapun anggaran biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan tersebut adalah biaya
transportasi perjalanan sebesar Rp 500.000,00 dengan rincian biaya penggantian
bensin, tol, dan tip sopir antar jemput. Hal ini dilakukan karena tidak ada
kendaraan YPI yang bisa digunakan untuk mengantar dan menjemput kami.
I. PENUTUP
Demikian laporan pertanggungjawaban kegiatan ini kami sampaikan. Panitia
mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pimpinan SMP Islam Al Azhar
1 dan YPI Al Azhar yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan sehingga
kegiatan ini terlaksana dengan baik.
Jakarta, 21 Juni 2008
Delegasi III,
|
Delegasi II,
|
Delegasi I,
|
|
||
Rujiman, S.Pd.
|
Sunarmi, S.Pd.
|
Farikhah Afidah, S.Pd.
|
Mengetahui
Kepala SMP Islam Al-Azhar 1,
Drs. H. Sobirin HS
Sumber:
http://wahyugonzales.blogspot.com/2012/03/contoh-laporan-formal.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar