Kegiatan Menulis Di
Perguruan Tinggi
Kegiatan
menulis merupakan bagian yang tak terpisah dalam seluruh proses belajar yang
dialami mahasiswa selama menuntut ilmu di perguruan tinggi, berfungsi untuk
mengenali kemampuan dan potensi diri sampai mana pengatahuan kita tentang suatu
topik, karena diharapkan akan memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalami
mengenai topik yang ditulisnya. Beberapa keuntungan dari pelaksanaan penulisan:
1.
Dengan
menulis kita lebih mengenali kemampuan potensi diri dan mengetahui batas
kemampuan tentang suatu topik.
2.
Melalui
menulis dapat mengembangkan berbagai gagasan melalui membandingkan fakta – fakta
yang tidak pernah dilakukan.
3.
Kegiatan
menulis dapat lebih banyak menyerap, mencari, serta menguasai informasi tentang
topik yang akan ditulis.
4.
Menulis
berarti mengorganisasikan gagasan secara sistematik serta mengungkapkan secara
tersurat, dengan demikian dapat menjelaskan permasalahan yang belum jelas.
5.
Menulis
akan dapat meninjau serta menilai gagasan secara objektif.
6.
Dengan
menulis akan mempermudah memecahkan permasalahan, yaitu menganalisis secara
tersurat dalam konteks yang lebih konkret.
7.
Dapat
mendorong belajar secara aktif.
8.
Kegiatan
menulis yang terencana akan membiasakan berpikir serta berbahasa secara tertib.
Tulisan
yang baik mempunyai ciri: bermakna, jelas/lugas,merupakan kesatuan yang
bulat,singkat dan padat serta memenuhi kaidah kebahasaan dan harus bersifat
komunikatif. Untuk menghasilkan tulisan seperti diatas harus memiliki
pengetahuan apa yang akan ditulis juga bagaimana menuliskannya, isi karangan
dan aspek-aspek kebahasaan serta teknik penulisan.
Menulis Sebagi Proses
Kegiatan menulis ialah suatu proses
penulisan dengan beberapa tahap yakni tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan
tahap revisi. Dalam penulisan karangan yang panjang seperti makalah penelitian,
laporan akhir semester,tesis dsb tahap itu terpisah secara lebih jelas.
A.
Tahap prapenulisan
Tahap
ini merupakan tahap perencanaan atau persiapan menulis dan mencakup beberapa
langkah kegiatan yaitu:
1.
Menentukan
topiknya. dengan pengamatan atau dari imajinasi sendiri ,karangan ilmiah harus
mengenai fakta dan memilih topik perlu diperhatikan beberapa persaratan.
2.
Membatasi
topik berarti mempersempit dan memperkhusus lingkup pembicaraan
3.
Menentukan
bahan atau materi penukisan,macamnya,beberapa luasnya dan dari mana diperoleh.
4.
Menyusun
kerangka karangan.
B.
Tahap penulisan
Pada tahap ini membahas setiap
butir topik yang ada di dalam kerangka yang disusun dengan menggunakan
bahan-bahan yang sudah diklasifikasikan menurut keperluan sendiri. Dalam
mengembangkan gagasan menjadi suatau karangan yang utuh, diperlukan bahasa dan
menguasai kata kata yang akan mendukung gagasan yang dipahami pembaca.dan
berikut tahapan-tahapanya:
1.
Tahap
Pemilihan Topik atau Pokok Bahasan
2.
Tahap
Pengumpulan Informasi dan Bahan
3.
Tahap
Evaluasi Informasi dan Bahan
4.
Tahap
Pengelolaan Pokok-pokok Pikiran
5.
Tahap
Penulisan
6.
Tahap
Penyuntingan
Hal penting dalam
tahap penulisan:
1.
Gaya
penulisan dalam membuat pernyataan harus jelas dan tepat dalam penyampaian
pesan yang bersifat reproduktif dan impersonal.
2.
Teknik
notasi dalam menyebutkan sumber dari pengetahuan yang dipergunakan dalam
penulisan.
3.
Penulisan
juga harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
4.
Karena
bersifat reproduktif, penerima pesan harus mendapat kopi yang sama dengan si
pemberi pesan.
5.
Karena
bersifat impersonal, tulisan ilmiah tidak boleh menggunakan pernyataan yang menggunakan
kata ganti penulisnya.
6.
Dalam
tulisan ilmiah, sering digunakan kalimat pasif.
7.
Pembahasan
secara ilmiah mengharuskan kita berpaling kepada pengetahuan-pengetahuan ilmiah
sebagai premis argumentasi (sumber kutipan).
8.
Teknik
notasi ilmiah dapat menggunakan catatan kaki, tapi lebih disarankan menggunakan
teknik kutipan dan umber rujukan.
C. Tahap
Revisi
Pada tahap ini biasanya meneliti
secara menyeluruh mengenai logika, sistematika, ejaan, tanda baca pilihan kata,
kalimat, paragraf, mengetikan catatan kaki dan daftar pustaka.
Contoh Proposal Kegiatan
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Tema HUT RI ke-63: “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Lanjutkan Pembangunan Ekonomi Menuju Peningkatan Kesejahteraan Rakyat, serta Kita Perkuat Ketahanan Nasional Menghadapi Tantangan Global”. - MAKSUD DAN TUJUAN
MaksudAdapun maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME dan kegembiraan dalam menyambut Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 63 pada tanggal 17 Agustus 2008 - Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan diadakannya acara ini. - Mempererat tali silaturahmi antar sesama warga
RT03/RW02 Kelurahan Kelapa Gading Barat Kecamatan Kelapa Gading –
Jakarta Utara
- Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi
diantara anak-anak.
- Memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba diantara
anak-anak
- Memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk
memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global.
- DASAR KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan : - Pancasila sila ke-3, "Persatuan Indonesia".
- Petunjuk dan arahan bapak Ketua RW 02 tentang
pelaksanaan kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI ke 63 di tingkat RT
di lingkungan RW 02 Kelurahan Kelapa Gading Barat Kecamatan Kelapa Gading
– Jakarta Utara.
ISI PROPOSAL
TEMA KEGIATAN
Kegiatan yang mengedepankan kebersamaan warga antar generasi serta kegiatan anak-anak yang bersifat mengembangkan daya kreatifitas, ketrampilan, ketangkasan dan sportifitas.
MACAM KEGIATAN
Acara syukuran HUT RI ke 63 , 17 Agustus 2008
Syukuran & Doa
Santap Malam Bersama & Ramah Tamah
Detil pelaksanaan akan ditetapkan kemudian
Perlombaan balita dan anak-anak
Tingkat Balita (usia 0 – 5 tahun) 3 lomba
Tingkat SD (usia 6 – 12 tahun) 5 lomba
Jenis perlombaan akan ditetapkan kemudian
PESERTA
Seluruh warga RT03/RW02 Kelurahan Kelapa Gading Barat
Kecamatan Kelapa Gading – Jakarta Utara.
TEMA KEGIATAN
Kegiatan yang mengedepankan kebersamaan warga antar generasi serta kegiatan anak-anak yang bersifat mengembangkan daya kreatifitas, ketrampilan, ketangkasan dan sportifitas.
MACAM KEGIATAN
Acara syukuran HUT RI ke 63 , 17 Agustus 2008
Syukuran & Doa
Santap Malam Bersama & Ramah Tamah
Detil pelaksanaan akan ditetapkan kemudian
Perlombaan balita dan anak-anak
Tingkat Balita (usia 0 – 5 tahun) 3 lomba
Tingkat SD (usia 6 – 12 tahun) 5 lomba
Jenis perlombaan akan ditetapkan kemudian
PESERTA
Seluruh warga RT03/RW02 Kelurahan Kelapa Gading Barat
Kecamatan Kelapa Gading – Jakarta Utara.
Sumber:
http://rustanaji.blogspot.co.id/2014/10/kegiatan-menulis-di-perguruan-tinggi.html
https://www.academia.edu/9568226/Contoh_Proposal_Kegiatan_Sistematika_Penyusunan_Proposal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar